Contoh Katalog Kartu

Assalamu’alaikum
Berjumpa lagi dengan saya Fitria Wanda Sari...

        Pada kiriman saya kali ini, saya ingin menunjukkan contoh dari katalog kartu untuk salah satu koleksi terbitan berseri yaitu Majalah Ilmiah atau Jurnal. Jurnal biasanya memuat tulisan-tulisan/artikel ilmiah dan rubrik-rubrik lain yang masih ada kaitannya dengan masalah keilmiahan. Artikel yang dimuat dalam jurnal ditulis oleh kontributor atau penyumbang naskah mengenai hasil-hasil penelitiannya, dan merupakan bagian penting di dalam penyusunan literatur di bidangnya.
      Sebelumnya kita masuk pada contoh katalog kartu, saya ingin menyampaikan terlebih dahulu tentang katalog itu sendiri.
         Salah Satu kegiatan pokok dalam pengelolaan perpustakaan adalah katalogisasi (cataloging) yaitu proses pengolahan data-data bibliografi yang terdapat dalam suatu bahan pustaka menjadi katalog. Katalog perpustakaan sebagai hasil proses katalogisasi merupakan suatu rekaman atau daftar bahan pustaka yang dimiliki oleh suatu perpustakaan atau beberapa perpustakaan yang disusun menurut aturan dan sistem tertentu.
Perpustakaan memerlukan katalog untuk menunjukkan ketersediaan koleksi yang dimilikinya. Untuk itu, perpustakaan memerlukan suatu daftar yang berisikan informasi bibliografis dari koleksi yang dimilikinya. Menurut Sulistyo Basuki katalog perpustakaan adalah daftar buku dalam sebuah perpustakaan atau dalam sebuah koleksi.
         Menurut Taylor katalog perpustakaan adalah susunan yang sistematis dari seperangkat cantuman bibliografis yang merepresentasikan kumpulan dari suatu ko leksi tertentu. Koleksi tersebut terdiri dari berbagai jenis bahan, sepertibuku, terbitan berkala, peta, rekaman suara, gambar, notasi musik, dan sebagainya.
Perkembangan dunia perpustakaan ini didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya yang telah merambah ke berbagai bidang. Hingga saat ini tercatat beberapa masalah di dunia perpustakaan yang dicoba didekati dengan menggunakan teknologi informasi. Dari segi data dan dokumen yang disimpan di perpustakaan, dimulai dari perpustakaan tradisional yang hanya terdiri dari kumpulan koleksi buku tanpa katalog, kemudian muncul perpustakaan semi modern yang menggunakan katalog (index).
         Bentuk katalog yang digunakan di perpustakaan mengalami perkembangan dari masa ke masa. Perkembangan katalog perpustakaan nampak dari perubahan bentuk fisiknya. Sebelum katalog terpasang (online) muncul, telah dikenal berbagai bentuk katalog perpustakaan, dan bentuk yang paling umum digunakan ialah katalog kartu.
         Katalog perpustakaan yang ada pada saat ini terdiri dari berbagai bentuk fisik antara lain, katalog berbentuk buku (book catalog), katalog berbentuk kartu (card catalog) yang berukuran 7,5 x 12,5 cm, katalog berbentuk mikro (microform catalog), catalog komputer terpasang (online computer catalog).

        Berikut adalah contoh katalog kartu untuk salah satu jenis terbitan berseri yaitu jurnal:

1. Jurnal Mutawatir (Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis)




Jika jurnal diatas kita buat katalog kertasnya, maka bentuknya adalah seperti ini:
 


2. Jurnal Linguistik Indonesia





Jika jurnal diatas kita buat katalog kertasnya, maka bentuknya adalah seperti ini:











Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Komentar

Posting Komentar

Untuk kesan, pesan, dan saran bisa dikirimkan melalui kolom komentar yaaa :)

Let's see!!