Ringkasan Materi Pembekalan Tahsin Ikhwan - Ustadz Agung Argiyansyah, Lc

-Pembekalan TAHSIN-

==================================================

Assalamu'alaikum FWiewers, apa kabar semuanya? semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta'ala, dan diberikan kemauan dan kekuatan untuk melaksanakan ketaatan kepada-Nya.

oh iya di postingan kali ini aku bakalan memberikan ringkasan materi dari video "[live] Pembekalan Tahsin Ikhwan - Ustadz Agung Argiyansyah, Lc". kalian bisa tonton videonya di channel youtube KlikSunnahTV lalu pilih playlist Tahsin Metode Asy Syafi'i Jilid 1, semoga apa yang kutulis di sini bisa bermanfaat ya untuk teman-teman semua :), teruslah belajar walaupun ilmu yang bertambah hanya sedikit, karena dikit-dikit jadi bukit hhhhee... 

Sebelum kita membaca ringkasan di bawah, aku mau membagi kata-kata insiratif dari buku yang berjudul "Jadilah Diri Sendiri" karya Ahmad Dzikran semoga bisa memacu semangat kita untuk selalu bergerak maju.

"Selama Anda terus bergerak (meskipun hanya dalam langkah-langkah kecil) menuju tujuan, Anda telah sukses meskipun orang di sekitar Anda tidak memperhatikannya dan tidak memberi apresiasi kepada Anda"

teruslah semangat dalam kebaikan semuanyaaa :) fighting!!!

okeee kita masuk ke materi ringkasannya yaa, cekidoooott

==================================================

Thalibul 'ilmi

Mengapa kita harus terus menjadi penuntut ilmu? Apa sih yang minimal akan didapatkan oleh para penuntut ilmu? Para penuntut ilmu setidaknya akan mendapatkan keutamaan berikut:

1.  Kasih sayang dari Allah

2.  Rahmat dari Allah

3.  Ilmu ada padanya akan menjadi penepis racun-racun dari luar yang dapat merusak hati


Sebelum belajar atau menjadi penuntut ilmu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

  • 1.  Niat yang ikhlas karena Allah. Kiat untuk tetap ikhlas menuntut ilmu yaitu dengan menanamkan di dalalm benak kita bahwa kiita menuntut ilmu yaitu untuk mengilangkan kebodohan dari diri kita, dan berharap dengan itu kita bisa menghilangkan kebodohan dari diri orang lain.
  • 2.  Kita harus meneladani para ulama yang senantiasa belajar meskipun sudah menjadi ulama besar yang mejadi rujukan bagi ulama-ulama lainnya.
  • 3.  Menuntut ilmu syar’i adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim; thalabul ilmi faridhatun ala kulli muslim.
  • 4.  Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu syar’i, manjadda wa jada barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan menuai hasilnya.
  • 5.  Ingatlah selalu ganjaran-ganjaran yang akan diperoleh oleh orang-orang yang menuntut ilmu syar’i.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tahsin alquran, ada baiknya kita mengetahui beberapa alasan mengapa kita harus belajar tahsin Al-Quran, diantaranya yaitu:

  • 1. Karena Allah memerintahkan untuk mentartilkan bacaan al-quran; warottilil qurana tartiilaa; berusaha untuk memperbaiki huruf-huruf yang kita baca dan kita juga mengetahui waqaf (berhenti) dan ibtida’(melanjutkan)
  •  Hukum Mempelajari, Mengusai atau mendalami teori-teori yang ada dalam ilmu tajwid adalah fardhu kifayah; apabila sudah ada yang mendalami teori-teorinya maka gugur bagi yang lainnya, akan tetapi dalam memfasihkan bacaan hukumnya fardhu ‘ain.
=========================================================================

Sampai disini dulu yah postingan kali ini, see you next time... Assalamu'alaikum :)



Komentar

Let's see!!